Iwan Bule Bocorkan Sanksi Tegas Cocok untuk Wasit Nakal

  • Share
Iwan Bule Bocorkan Sanksi Tegas Cocok untuk Wasit Nakal
Iwan Bule Bocorkan Sanksi Tegas Cocok untuk Wasit Nakal

AISSEKIYA SPORT – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membeberkan sanksi tegas yang sudah menunggu oknum wasit nakal di Liga 1 musim 2022/23.

Menurut Mochamad Iriawan, sanksi yang paling berat ialah tidak boleh berkecimpung di kancah persepakbolaan nasional.

Penegasan pria yang akrab disapa Iwan Bule ini bukannya tanpa sebab, pasalnya honor dan tunjangan wasit diutarakannya sudah dinaikkan.

Hal itu diungkapkan oleh Iwan Bule ketika datang di acara perangkat pertandingan Liga 1 Indonesia musim 2022/23 yang dihelat di Hotel Mercure Cikini, Jakarta, pada Selasa 19 Juli 2022 lalu.

Acara penyegaran perangkat pertandingan ini dimulai 18 sampai 21 Juli 2022. Acara tersebut juga dihadiri sebanyak 59 wasit serta 74 asisten wasit.

Selain Iwan Bule, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Komite Wasit, yakni Ahmad Riyadh serta Ketua Pengadilan Jakarta Timur, Tito Suhud guna memberi materi dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah akhir pekan mendatang Liga 1 2022/23 sudah dimulai. Maka dari itu, saya datang untuk memberi motivasi, pengarahan dan semangat kepada wasit sekaligus asisten wasit.”

“Semoga tugas ini bisa dijalankan dengan jujur, profesioal, penuh integritas, dan patuh kepada statuta serta regulasi PSSI,” ungkap Iwan Bule seperti dikutip laman resmi PSSI.

Seperti yang diketahui bahwa program penyegaran wasit dilakukan PSSI menjelang kick off Liga 1, 2, 2 serta turnamen amatir.

Untuk Liga 1 musim 2022/23, akan digelar sebanyak 306 laga serta diikuti oleh 18 klub.

“Wasit beserta asisten wasit bisa berprestasi dengan cara mempunyai kinerja baik, berkaraktar seperti pimpinan adil, dan etos kerja tinggi.”

“Kemudian, penerapan asisten wasit tambahan atau additional referee upaya PSSI demi terobosan terukur sekaligus meningkatkan kualitas turnamen di Indonesia,” imbuh pensiunan Jenderal Polisi tersebut.

Gaji Wasit di Liga 1 2022/23

Akhir-akhir ini, Iwan Bule mengutarakan bahwa gaji wasit beserta 2 asisten wasit dinaikkan. Menurut Iwan, gaji kedua asisten wasit tambahan tak melebihi gaji dari wasit utama.

PSSI serta PT LIB akhirnya menggunakan 2 asisten wasit tambahan pada matchday ke-30 Liga 1 2021/22. Kedua asisten tambahan tersebut berada di kiri gawang.

Iwan Bule berujar kalau wasit utama akan menerima gaji kurang lebih Rp 10 juta per laga. Sementara itu asisten tambahan beserta hakim garis menerima gaji Rp 5 juta.

  • Share
close